KOMPOSISI TUBUH DAN TIPE SOMATOTIPE ATLET UKM ATLETIK PUTRA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

Suhartoyo, Epang Nofi (2016) KOMPOSISI TUBUH DAN TIPE SOMATOTIPE ATLET UKM ATLETIK PUTRA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_EPANG NOFI SUHARTOYO_11601244087.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum diketahui komposisi tubuh, karakteristik antropometrik dan somatotype atlet UKM Atletik putra UNY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komposisi tubuh, karakteristik antropometrik dan somatotype atlet UKM Atletik putra UNY. Somatotype terdiri dari 3 macam tipe tubuh, yaitu: Endomorf, Mesomorf, dan Ectomorf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 11 orang yang dipilih karena telah memenuhi kriteria dalam hal ini terlibat aktif dalam kegiatan UKM Atletik UNY namun yang mengikuti adalah atlet jarak pendek, jarak jauh dan lompat jauh. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu komposisi tubuh atlet atletik UKM UNY didapatkan BMI dengan rata-rata (17,9±1,3)kg/m2 dan persentase lemak tubuh dengan rata-rata (13,2±0,7)%. Jika dilihat dari standar BMI, maka atlet Atletik UKM UNY termasuk underweight atau berat badan kurang, untuk persentase lemak di dalam tubuh atlet Atletik UKM UNY berada lebih dari standar yaitu (13,2±0,7)%. Berdasarkan perbandingan angka somatotype dapat disimpulkan bahwa atlet Atletik UKM UNY diperoleh hasil kategori yaitu tipe tubuh endomorphy-mesomorphy 1 atlet sprinter, tipe tubuh endomorphy seimbang 1 atlet sprinter, tipe tubuh mesomorphy-ectomorphy 1 atlet sprinter, tipe tubuh mesomorphy-endomorphy 1 atlet lompat jauh, 1 atlet lompat tinggi dan 6 atlet sprinter. Atlet UKM Atletik putra UNY tahun 2015 tidak ada yang berkategori somatotype ideal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komposisi tubuh, somatotype, atlet
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42755

Actions (login required)

View Item View Item