PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN PENDEKATAN TAKTIK (TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING/TGfU) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII

Santana, Chandra (2016) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN PENDEKATAN TAKTIK (TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING/TGfU) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi Chandra.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya minat siswa dalam pembelajaran olahraga yang kurang bervariasi.Penelitian ini diharapkan mempunyai variasi baru dalam pengajaran olahraga dan membuat minat siswa menjadi lebih baik.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran berupa gambar model permainan yang menggunakan pengembangan materi pembelajaran sepakbola dengan pendekatan TGfU pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pakem Kabupaten Sleman, terutama pada materi passing. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), yang berarti penelitian ini merupakan penelitian yang berorientasi pada produk. Pengembangan tes ini dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, melakukan pengembangan, melakukan pengembangan produk, evaluasi produk, dan hasil akhir draft model pengembangan materi pembelajaran permainan sepakbola dengan pendekatan taktik (Teaching Games for Understanding/ TGFU) untuk siswa kelas VIII SMP.Subjek uji coba adalah peserta didik SMP Negeri 3 Pakem kelas VIII yang berjumlah 33 siswa.Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara.Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan, serta data kualitatif lainnya.Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif.Saran-saran yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk. Berdasarkan hasil penelitian tersusun model materi pembelajaran permainan sepakbola dengan pendekatan taktik (Teaching Games for Understanding/ TGFU) untuk siswa kelas VIII SMP yang telah divalidasi sebagai berikut hasil validasi oleh guru penjas secara keseluruhan aspek adalah “cukup baik” dengan rerata skor 3,3. Penilaian dosen ahli pada produk adalah “baik” dengan rerata skor 4,2. Pada uji coba kelompok kecil penilaian siswa adalah “baik” dengan rerata skor 3,675.Pada uji coba kelompok besar penilaian sisa adalah “baik” dengan rerata skor 3,721.Berdasarkan hasil penilaian tersebut, produk ini layak digunakan dalam materi pembelajaran permainan sepakbola dengan pendekatan taktik (Teaching Games for Understanding/ TGFU) untuk siswa kelas VIII SMP

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, materi pembelajaran, sepakbola, TGFU
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42746

Actions (login required)

View Item View Item