HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MA’ARIF 1 WATES

Danar, Vreedy Frans (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vreedy Frans Danar 08502244024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates. Metode penelitian yang digunakan adalah Expost Facto, populasi berjumlah 36 siswa dari seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates. Data yang diambil untuk variabel bebas menggunakan angket sedang untuk variabel terikatnya dengan metode dokumentasi. Validitas isi diperoleh melalui judgment ahli dan analisis butir dihitung dengan korelasi Product Moment untuk seluruh variabel bebasnya. Reliabilitas instrumen motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa dengan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi dan regresi pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian kelas X kompetensi keahlian Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates menemukan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik siswa dengan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan koefisien r sebesar 0,446, dan signifikansi hubungan variabel X1.1 dengan variabel Y dapat dilihat nilai t hitung sebesar 12.558 > dengan t table (n-2) sebesar 2.042, dan besar peningkatan motivasi belajar intrinsik tiap 1 poin maka prestasi belajar meningkat 0,454. Adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik siswa dengan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan koefisien r sebesar 0,389 dan signifikansi hubungan variabel X1.2 dengan variabel Y dapat dilihat nilai t hitung sebesar 12,841 > dengan t table (n-2) sebesar 2,042, dan besar peningkatan motivasi belajar ekstrinsik tiap 1 poin maka prestasi belajar meningkat 0,404. Adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa dengan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan koefisien r sebesar 0,461, dan signifikansi hubungan variabel X1.2 dengan variabel Y dapat dilihat nilai t hitung sebesar 10,837 > dengan t table (n-2) sebesar 2,024, dan besar peningkatan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik tiap 1 poin maka prestasi belajar meningkat 0,539. Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:18
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42744

Actions (login required)

View Item View Item