Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Representasi Matematis.

Kumalasari, Tesi (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Representasi Matematis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tesi-kumalasari-14709251034.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas baik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan representasi matematis. Materi yang dikembangkan adalah materi matematika SMP kelas VII semester genap. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tahapan: (1) fase penelitian awal, meliputi analisis kebutuhan, mengidentifikasi materi, serta studi pustaka; (2) fase pengembangan, meliputi penyusunan produk dan validasi ahli; (3) penilaian, meliputi, uji coba I, uji coba II, serta analisis kepraktisan dan keefektifan produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP dan LKS, lembar penilaian guru, lembar respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen pretest dan posttest prestasi belajar, serta instrumen pretest dan posttest kemampuan representasi matematis. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes prestasi belajar dan persentase siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis dengan kriteria minimal baik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang valid, praktis dan efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan representasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan, baik RPP maupun LKS memiliki kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat mencapai kriteria praktis untuk penilaian guru maupun penilaian siswa, serta persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis. Perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari prestasi belajar ditunjukkan dari ketuntasan siswa pada posttest prestasi telah lebih dari 80%. Perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa yang ditunjukkan dari persentase siswa yang memiliki kemampuan dengan kriteria minimal tinggi telah lebih dari 80%. Sehingga perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan representasi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, problem solving, prestasi belajar, kemampuan representasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:55
Last Modified: 09 May 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42743

Actions (login required)

View Item View Item