PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II DI SMP NEGERI 2 BANTUL

Dewi Santriani Nurmawati, Dewi (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II DI SMP NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Dewi Satriani Nurmawati_12201241044.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi kelas VII semester II di SMP Negeri 2 Bantul berdasarkan komponen pembelajaran, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi kelas VII semester II di SMP Negeri 2 Bantul, dan (3) cara mengatasi hambatan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi kelas VII semester II di SMPN 2 Bantul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Bantul dan guru bahasa Indonesia SMPN 2 Bantul. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII semester II di SMPN 2 Bantul. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan dengan cara memperpanjang masa penelitian sampai semua data cukup untuk menjadi deskripsi penelitian yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi, dan trianggulasi data dengan membandingkan data hasil catatan lapangan dan data pedoman observasi kegiatan pembelajaran siswa dengan data hasil wawancara bersama guru dan siswa, serta membandingkan hasil wawancara dengan perangkat pembelajaran guru. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari tujuh komponen pembelajaran, yakni siswa, guru, tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi. Kedua, faktor pendukung pembelajaran menulis kreatif puisi dari siswa meliputi, motivasi, keaktifan, dan kemampuan belajar siswa. Dari guru yakni, motivasi dan kemampuan mengajar guru. Dari pengelolaan waktu pembelajaran efektif pada pagi hari dan adanya fasilitas sekolah yang memadai. Adapun faktor penghambat pembelajaran antara lain suasana kelas tidak kondusif, terlambat mengikuti pelajaran karena kegiatan organisasi sekolah, penjelasan materi kurang detail, banyak waktu pembelajaran yang tidak efektif, dan ruang baca siswa yang sempit. Ketiga, cara mengatasi hambatan dari guru yaitu mengoptimalkan peran guru dalam memberikan pembelajaran, menguasai siswa, memadatkan materi, memberikan penugasan. Dari siswa yaitu aktif dalam pembelajaran dan kepedulian tinggi antarteman, serta dari sarana prasarana yaitu siswa diizinkan menggunakan Lab. Bahasa dan Lab. Komputer sebagai ruang baca dan tempat pengetikan penugasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42741

Actions (login required)

View Item View Item