KORELASI ANTARA INTENSITAS MENONTON FILM GENRE DRAMA DAN INTENSITAS MEMBACA PUISI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPEL SLEMAN

Febri Tri Rahayu, Tri (2016) KORELASI ANTARA INTENSITAS MENONTON FILM GENRE DRAMA DAN INTENSITAS MEMBACA PUISI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Febri Tri Rahayu_12201241055.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara intensitas menonton film genre drama dengan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa SMA Negeri 1 Tempel, (2) hubungan antara intensitas membaca puisi dengan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa SMA Negeri 1 Tempel Sleman, (3) hubungan intensitas menonton film genre drama dan intensitas membaca puisi dengan kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa SMA Negeri 1 Tempel Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Pengambilan data menggunakan teknik angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel Sleman. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa dengan mengambil dua kelas secara random. Pengukuran intensitas menonton film genre drama dan intensitas membaca puisi menggunakan angket dengan soal berjumlah masing-masing 15 butir dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert. Kemampuan menulis teks cerita pendek diukur dengan tes praktik menulis teks cerita pendek langsung. Data dianalisis dengan korelasi product moment. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linieritas, dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis bivarat dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, tingkat intensitas menonton film genre drama siswa berada pada kategori sedang dengan nilai antara 64,8 — 78,0 berjumlah 40 siswa. Kedua, tingkat intensitas membaca puisi siswa berada pada kategori sedang berkisar antara nilai 56,7 — 68,9 sebanyak 42 siswa. Ketiga, tingkat kemampuan menulis teks cerita pendek siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai antara 70,52—88,60 dengan jumlah 37 siswa. Keempat, ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas menonton film genre drama dengan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa, ditunjukkan dengan perolehan r = 0,967. Kelima, ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas membaca puisi dengan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa, ditunjukkan dengan perolehan r = 0,864. Keenam, ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas menonton film genre drama dan intensitas membaca puisi dengan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya R Square = 0,947.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42738

Actions (login required)

View Item View Item