MANAJEMEN PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SEJENIS (SPS) DI SPS EDELWEIS KELURAHAN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA

Mursalina Darmayanti, Lina (2016) MANAJEMEN PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SEJENIS (SPS) DI SPS EDELWEIS KELURAHAN TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Mursalina Darmayanti_11102244005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) manajemen program SPS Edelweis Sleman Yogyakarta. (2) Manfaat manajemen program SPS Edelweis Sleman Yogyakarta. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen program SPS Edelweis Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penekitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah pengelola lembaga/kepala sekolah, kader/pengurus dan orangtua peserta didik SPS Edelweis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen program SPS Edelweis Sleman Yogyakarta disusun sesuai dengan visi dan misi lembaga dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dilaksanakan dengan membuat rencana kegiatan tahunan, bulanan, mingguan, dan harian. Pengorganisasian dibagi sesuai dengan struktur organisasi sekolah dengan pembagian kerja yaitu pengelola, kepala sekolah, sekretaris, dan bendahara serta kader. Pelaksanaan dilaksanakan dengan menempatkan semua anggota kelompok sesuai perencanaan yang sudah ditetapkan. Pengawasan dilaksanakan dengan mengevaluasi di setiap bidang yang dilakukan per semester. 2) Manfaat manajemen SPS, yaitu: a. bagi pengelola membantu dalam mengatur job desk, b. bagi kader mengembangkan kemampuan mengajarnya untuk meningkatkan kompetensi diri, c. bagi orangtua merasakan dampak positif karena mendapatkan pelayanan pengganti yang sesuai dengan perkembangan anak. 3) Faktor pendukung, yaitu: a. komitmen pengelola, pengurus, kader dalam menjalankan manajemen program SPS Edelweis, b. dukungan dari wali murid, masyarakat, c. perkembangan peserta didik yang terus meningkat. Faktor penghambatnya, yaitu: a. pengorganisasian pada manajemen SDM yang belum sesuai pendidikan, b. dana operasional dari peserta didik sehingga mengalami pasang surut, c. fasilitas sarana dan prasarana yang belum memadai. Kata kunci: Manajemen program, SPS Edelweis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42734

Actions (login required)

View Item View Item