Pengembangan Tes Kebugaran Jasmani untuk Anak Tunanetra Menggunakan Modifikasi Harvard step test Tingkat SD Sekolah Luar Biasa di DIY.

Septiasari, Erda Ayu (2016) Pengembangan Tes Kebugaran Jasmani untuk Anak Tunanetra Menggunakan Modifikasi Harvard step test Tingkat SD Sekolah Luar Biasa di DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erda-ayu-septiasari-14711281088.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah tes kebugaran jasmani berupa bangku modifikasi Harvard step test yang sesuai dengan karakteristik anak tunanetra tingkat SekolahDasar (SD). Penelitian ini menggunakan research and development yang dikelompokan menjadi dua tahap, yaitu:pertama, tahap pendahuluan meliputi (1) kajian literatur, (2) penelitian relevan, (3) observasi, dan (4) studi pendahuluan dan kedua, tahap pengembangan meliputi (1) pengembangan produk awal, (2) validasi ahli, (3) ujicoba skala kecil, (4) ujicoba skala besar, (5) uji validitas dan reliabilitas produk, dan (6) produk operasional. Validasi ahli dilakukan oleh tiga pakar yaitu: pakar pendidikan adaptif, pakar tes pengukuran dan pakar konstruksi bangku. Ujicoba lapangan dilakukan terhadap dua sekolah SLB yang ada di DIY. Ujicoba skala kecil dilakukan pada empat siswa tunanetra SLB N 1 Bantul. Ujicoba skala besar dilakukan pada sepuluh siswa SLB A Yaketunis. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan validitas empirik dan reliabilitas test-retest yang dilakukan pada tujuh siswa SLB A Yaketunis. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan skala Guttman. Penelitian ini menghasilkan alat tes kebugaran jasmani berupa modifikasi Harvard step test yang dibuat berdasarkan karakteristik anak tunanetra yang memiliki validitas dan reliabilitas baik, sehingga dapat dijadikan alat ukur yang digunakan guru untuk mengevaluasi tingkat kebugaran siswa tunanetra di sekolah. Bangku sebagai alat tes yang telah dimodifikasi tinggi, panjang, lebar, dan dibuat tumpul pada sudut sikunya, telah disesuaikan dengan keterbatasan siswa tunanetra dalam penglihatan, sehingga didapatkan ukuran tinggi 27 cm, lebar 35 cm agar aman siswa tidak takut terjatuh, dan digunakan siswa untuk duduk pada pengambilan denyut nadi. Skor yang didapat pada penilaian oleh tiga ahli validasi draf sebesar 1, Skor ujicoba skala kecil sebesar 0,96. Skor ujicoba skala besar sebesar 1. Uji validitas menunjukan derajat korelasi sebesar 0,66 yang masuk dalam kategori korelasi “Kuat” dan hasil dari uji reliabilitas menunjukan derajat korelasi sebesar 0,86 yang masuk dalam kategori “Kuat”. Produk yang dihasilkan dijelaskan dalam buku produk modifikasi Harvard step test dan pelaksanaannya dituangkan dalam buku panduan pelaksanaan modifikasi Harvard step test untuk anak tunanetra tingkat Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modifikasi Harvard step test, anak tunanetra.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:32
Last Modified: 09 May 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42731

Actions (login required)

View Item View Item