KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (PREPARE-STRUCTURE-READ-THINK) DALAM PEMBELAJARANMEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MAGELANG

Yunaida Ria Utami, Ria (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (PREPARE-STRUCTURE-READ-THINK) DALAM PEMBELAJARANMEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Yunaida Ria Utami_11201241046.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks eksplanasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi PSRT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi PSRT, dan (2) membuktikan keefektifan strategi PSRT dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Magelang. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Magelang yang terdiri dari enam kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif yang berjumlah 40 soal dengan empat alternatif jawaban. Data diperoleh dari pretes dan postes pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk. Validitas dan reliabilitas dihitung dengan menggunakan bantuan program Iteman. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 yang menunjukkan data pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks eksplanasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi PSRT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi PSRT pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Magelang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t postes kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan nilai thit sebesar 5.762 dengan df 60 dan nilai p sebesar 0.000. (2) Strategi PSRT efektif digunakan dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Magelang. Hal tersebut dapat dilihat dari uji-t sampel berhubungan pretes dan postes kelompok eksperimen menunjukkan thit sebesar 11.577 dengan df 30 dan nilai p sebesar 0.00 (p < 0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:58
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42730

Actions (login required)

View Item View Item