Vika, Dian Lestari (2012) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT MACAM-MACAM POLA ROK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Vika Dian Lestari 07513241018.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)pelaksanaan pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) besarnya peningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran membuat pola rok di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian adalah 35 siswa pada kelas X Busana Butik 2. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, lembar unjuk kerja dan angket. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert),seperti ahli model pembelajaran, ahli materi dan guru mata diklat membuat pola. Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0,938 untuk penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dilaksanakan dengan langkah-langkah(a)pendahuluan: salam, presensi, apersepsi, dan motivasi,(b) inti:tujuan,membagi handout dan jobsheed,pembelajaran tipe jigsaw,tugas,evaluasi dan tes,(c)refleksi; keterlaksanaan pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menurut pendapat observer sudah terlaksana dengan sangat baik dengan presentase Siklus I 83%,dan Siklus II 100%; menurut pendapat siswa pembelajaran dengan metode ini membuat siswa merasa senang terbukti terdapat 32 siswa (91%) tergolong senang, 3 siswa (9%) tergolong cukup senang dan 0 siswa atau (0%) tergolong tidak senang; dan menurut pendapat guru, guru merasa tertarik,mendapat pengalaman baru,materi yang disampaikan lebih mudah,melatih tanggung jawab siswa,meningkatkan keberanian dan tujuan pembelajaran dapat tercapai;2)kompetensi membuat macam-macam pola rok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan: terbukti dari nilai rata-rata yang dicapai pra siklus 66,37, siklus I 76,86, dan meningkat menjadi 88,63 pada siklus II. Dalam pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat mememudahkan siswa memahami materi serta adanya peningkatan kompetensi yang dibuktikan dengan tidak ada siswa yang memperoleh nilai <75 membuat pola rok. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran membuat pola. Kata Kunci : kompetensi,membuat pola rok,pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 01:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42729 |
Actions (login required)
View Item |