PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Harjanti, Veronika (2016) PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Veronica Harjanti - 10513244002.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA UNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN Oleh : Veronica Harjanti NIM 10513244002 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengembangkan media kamus istilah bagian-bagian busana untuk mata pelajaran Dasar Desain, (2) megetahui kelayakan kamus istilah bagian-bagian busana sebagai media untuk mata pelajaran Dasar Desain siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten Pengembangan kamus istilah bagian-bagian busana menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang dimodifikasi dari tim Puslitjaknov, meliputi tahap : 1) analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) Uji kelompok kecil dan revisi, 5) uji lapangan dan produk akhir. Tahap validasi dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Uji kelompok kecil dilakukan 5 orang siswa dan uji lapangan dilakukan pada 25 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan kamus istilah bagian-bagian busana pada mata pelajaran Dasar Desain adalah : 1) mengembangkan media dengan tahap : a) analisis produk dengan cara mengkaji kurikulum serta observasi dan wawancara, b) mengembangkan produk awal dengan cara menetapkan tujuan pembelajaran, membuat kerangka kamus, dan mengembangkan materi istilah bagian-bagian busana, c) validasi ahli dan revisi dilakukan dengan meminta bantuan 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi, d) uji kelompok kecil dan revisi dengan cara kamus istilah bagian-bagian busana diujikan pada 5 orang siswa dan direvisi sesuai saran, e) uji coba kelompok skala besar dilakukan pada 25 orang siswa dan menghasilkan produk akhir berupa kamus istilah bagianbagian busana. 2) kelayakan kamus berdasarkan hasil validasi ahli menyatakan media kamus istilah bagian-bagian busana “layak” digunakan penelitian dengan persentase hasil kelayakan 100%. Hasil uji coba skala besar keterbacaan media kamus istilah bagian-bagian busana menyatakan “sangat layak” dengan persentase keseluruhan 89,24 %. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan media kamus istilah bagian-bagian busana dapat digunakan sebagai media untuk mata pelajaran Dasar Desain siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten. Kata kunci : kamus, Istilah, bagian busana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Oct 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42727

Actions (login required)

View Item View Item