PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA MELALUI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH

Setyaningsih, Vernia (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA MELALUI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vernia Setyaningsih - 10513244005.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui penerapan metode NHT pada mata pelajaran Memilih Bahan Baku Busana siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah, 2) meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan metode NHT mata pelajaran Memilih Bahan Baku Busana siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah, 3) meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode NHT pada mata pelajaran Memilih Bahan Baku Busana siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah sebanyak 21 siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan metode NHT, lembar observasi keaktifan belajar siswa dan lembar tes peningkatan hasil belajar. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk melalui judgment ekspert materi dan metode, sedangkan Reliabilitas menggunakan antar reter dengan perhitungan menggunakan presentase inter rater agreement. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) pelaksanaan pembelajaran Memilih Bahan Baku Busana menggunakan metode NHT dengan lembar observasi pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah dapat terlaksana dengan baik dengan persentase 100% dan dengan sintak-sintak yang dapat terlaksana semua, 2) ada peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Memilih Bahan Baku Busana menggunakan metode NHT di SMK Muhammadiyah Berbah dari pra siklus 52.36%, siklus I 70.5% dan siklus II 85.3%. Hasil peningkatan keaktifan belajar siswa meningkat 63% dari pra siklus ke siklus II, 3) ada peningkatan hasil belajar siswa Memilih Bahan Baku Busana menggunakan metode NHT di SMK Muhammadiyah Berbah dari pra siklus ke siklus II sebesar 61.90% yaitu dari ketuntasan pra siklus 38.10%, siklus I 90.5% menjadi 100% atau seluruh siswa memenuhi KKM pada siklus II. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memilih Bahan Baku Busana di SMK Muhammadiyah Berbah. Kata kunci: hasil belajar, memilih bahan baku busana, numbered head together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Oct 2016 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42726

Actions (login required)

View Item View Item