LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMA NEGERI 2 SLEMAN

SEPTIYANA BAROROH, SEPTIYANA BAROROH (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Seperti disebutkan dalam Buku Panduan PPL UNY Tahun 2014. PPL UNY dilaksanakan dengan beberapa tujuan. Pertama, untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kedua, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Ketiga, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL mahasiswa dilaksanakan di SMA N 2 SLEMAN yang berlokasi di Padukuhan Brayut, Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta dimulai tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Program yang dilaksanakan dalam PPL ini meliputi penyusunan matriks program ppl, pengajaran model, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, penyusunan instrumen evaluasi, konsultasi persiapan mengajar, konsultasi dengan DPL PPL, praktik mengajar (terbimbing dan mandiri), pengolahan skor dan tindak lanjut hasil evaluasi, mempelajari (mengadopsi dan mengadaptasi) administrasi guru, kegiatan lainnya yang terkait dengan pelaksaan pembelajaran, misalnya membantu tugas guru piket, dan penyusunan laporan PPL. Pelaksanaan kegiatan PPL memiliki beberapa tahapan dan setiap tahapan mempunyai serangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh setiap peserta. Rangkaian kegiatan PPL secara garis besar terbagi menjadi tiga tahapan yakni tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Pada saat pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar di kelas X MIA 1 dan X MIA 2 dengan alokasi waktu masing-masing kelas 3 jam pelajaran setiap minggunya. Kegiatan mengajar ini memberikan pengalaman nyata sebagai calon tenaga pendidik yang profesional, bagaimana mengelola kelas, bagaimana membuat perangkat pembelajaran beserta instrumen evaluasinya, dan bagaimana menjalin komunikasi dengan peserta didik, bapak/ ibu guru serta karyawan sekolah. Dalam pelaksanaan PPL tentu ada berbagai kendala, akan tetapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan baik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 2 Sleman dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Oct 2016 23:35
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42719

Actions (login required)

View Item View Item