Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan yang Efektif

Setiawatty, Tetty (2011) Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan yang Efektif. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-tetty-setiawaty-06702261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen SMK efektif yang dilakukan SMK PIKA Semarang dan SMK Katolik St. Mikael Surakarta yang mampu menghasilkan lulusan berprestasi dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI). Tujuan khusus penelitian ini adalah menjabarkan fungsi-fungsi manajemen efektif pada masing-masing urusan sekolah, yang meliputi: manajemen organisasi, manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran, manajemen pendidik, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen administrasi, manajemen regulasi, manajemen lingkungan dan budaya kerja dan manajemen kerjasama dan kemitraan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus yang pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam (in depth interview), pengamatan partisipatif (participant observation) dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah semua personil sekolah, yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru/instruktor, tenaga kependidikan, siswa, industri pasangan dan data-data dokumentasi. Objek penelitian ini adalah: pelaksanaan manajemen efektif yang dilakukan pada masing-masing urusan sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMK PIKA dengan kompetensi keahlian produksi mebeler dan SMK Mikael dengan kompetensi keahlian teknik pemesinan. Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, dengan melakukan: perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trianggulasi data, analisis kasus negatif, dan member check. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman, menggunakan empat tahapan penelitian yaitu: mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah SMK PIKA dan SMK Mikael telah melakukan manajemen efektif pada semua urusan sekolah, yaitu: manajemen organisasi, manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran, manajemen pendidik, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen administrasi, manajemen regulasi, manajemen lingkungan dan budaya kerja dan manajemen kerjasama dan kemitraan. Semua manajemen di atas dilakukan dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengkoordinasian dan pengontrolan. Pelaksanaan manajemen efektif di atas membuat kedua SMK ini mampu menghasilkan lulusan berprestasi, siap kerja dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: manajemen, Sekolah Menengah Kejuruan, efektif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2016 10:12
Last Modified: 03 Oct 2022 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42717

Actions (login required)

View Item View Item