EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK 2 SEWON

Utari, Utari (2013) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK 2 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Utari 07520241009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi penerapan layanan ICT di SMK 2 Sewon dalam proses pembelajaran untuk mengukur efektivitas pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran di SMK 2 Sewon terkait tingkat pemanfaatan oleh guru, terkait tingkat pemanfaatan oleh siswa, terkait media pembelajaran berbasis ICT, dan penyajian materi pembelajaran. Empat pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan keempat tujuan penelitian tersebut Metode penelitian adalah descriptive kuantitatif research. Subjek penelitian adalah 30 guru dan 186 siswa. Objek penelitian yaitu Layanan ICT dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan data dengan observasi dan angket. Pengujian validitas dengan uji validitas muka dan validitas konstruk (Product Moment). Pengujian reliabilitas dengan uji Cronbach Alpha. Analisa data dengan pengolahan data (tabulasi) dan penyusunan kriteria kuantitatif dengan pertimbangan pembobotan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat efektivitas layanan ICT dalam proses pembelajaran ICT di SMK 2 Sewon terkait tingkat pemanfaatan oleh guru mencapai indikator 2,39 dengan interpretasi efektif. Persentase tingkat pemanfatan oleh guru yaitu: 10% sangat sering, 34% sering, 43% jarang, dan 13% sangat jarang, disimpulkan bahwa layanan ICT sudah efektif namun jarang dimanfaatkan oleh guru; 2) Tingkat efektivitas layanan ICT dalam proses pembelajaran di SMK 2 Sewon terkait tingkat pemanfaatan oleh siswa mencapai indikator 2,10 dengan interpretasi efektif. Persentase tingkat pemanfatan oleh siswa yaitu: 6% sangat sering, 24% sering, 46% jarang, dan 24% sangat jarang, disimpulkan bahwa layanan ICT sudah efektif namun jarang dimanfaatkan oleh siswa; 3) Tingkat efektivitas layanan ICT dalam proses pembelajaran di SMK 2 Sewon terkait penyajian bahan ajar mencapai indikator 2,52 dengan interpretasi efektif. Persentase tingkat pemanfatan ICT terkait penyajian bahan ajar oleh Guru yaitu: 57% sudah dimanfaatkan, dan 43% belum; dan 4) Tingkat efektivitas layanan ICT dalam proses pembelajaran di SMK 2 Sewon terkait e-learning sebagai media pembelajaran mencapai indikator 2,56 dengan interpretasi efektif. Persentase tingkat pemanfatan ICT terkait e-learning sebagai media pembelajaran yaitu: 57% sudah dimanfaatkan, dan 43% belum. Kata kunci: efektivitas, pemanfaatan, ICT, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42704

Actions (login required)

View Item View Item