Efektifvitas Metode Debat dan Metode Ceramah Terhadap Penguasaan Konsep IPS Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Di SMP Negeri 23 Makassar.

Aisyah, Immawati Nur (2016) Efektifvitas Metode Debat dan Metode Ceramah Terhadap Penguasaan Konsep IPS Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Di SMP Negeri 23 Makassar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-immawati-nur-aisyah-rivai-14705251001.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan: (1) penguasaan konsep IPS yang dihasilkan oleh metode debat dan metode ceramah; (2) penguasaan konsep pada kemampuan berpikir kritis tinggi antara metode debat dan metode ceramah; (3) penguasaan konsep pada kemampuan berpikir kritis rendah antara metode debat dan metode ceramah; dan (4) interaksi pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap penguasaan konsep IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 23 Makassar. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling dan terpilih kelas VIII 1 yang menggunakan metode debat dan kelas VIII 2 yang menggunakan metode ceramah. Validitas instrumen tes penguasaan konsep diukur dengan expert judgement dan reliabilitasnya diukur dengan metode iteman. Validitas angket diukur dengan analisis faktor dan reliabilitasnya diukur dengan Cronbach 's Alpha. Normalitas data diuji dengan Kolmogorov-Smirnov. Homogenitas data diukur dengan Levene test. Uji hipotesis penelitian menggunakan teknik Analisis Varian 2x2 pada signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep yang dihasilkan oleh metode debat dan ceramah dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 23 Makassar 0,002 < 0,05); (2) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPS pada kemampuan berpikir kritis tinggi antara metode debat dan ceramah (0,000 < 0,05); (3) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPS pada kemampuan berpikir kritis rendah antara metode debat dan ceramah (0,001 < 0,05); dan (4) terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan berpikir kritis siswa terhadap penguasaan konsep IPS di SMP Negeri 23 Makassar (0,003 < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode Debat, Metode Ceramah, Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep IPS.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:14
Last Modified: 09 May 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42688

Actions (login required)

View Item View Item