Saadah, Fanny Nur (2016) ANALISIS PERSIAPAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN DALAM MENGHADAPI TES HASIL BELAJAR PELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) | Preview |
|
![]() |
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil analisis persiapan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cangkringan dalam menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika. Dengan mengetahui bagaimana persiapan siswa dalam menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika, maka siswa dapat mengevaluasi diri untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik dan optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, ditetapkan 12 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cangkringan sebagai sampel penelitian/narasumber. Data mengenai persiapan siswa menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Ada dua aspek persiapan yang diteliti, yaitu aspek persiapan mental dan intelektual siswa. Hasil penelitian berdasarkan indikator persiapan mental siswa adalah (a) siswa kurang berminat terhadap pelajaran matematika; (b) siswa belum mengetahui tujuan dan kebutuhan belajar matematika. Hasil penelitian berdasarkan indikator intelektual siswa adalah (a) siswa tidak mempersiapkan diri sebelum belajar matematika; (b) siswa belum mengetahui tujuan belajar matematika; (c) siswa tidak ingat dari ingatan jangka panjang yang terkait dengan materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari; (d) siswa tidak mengamati unsur-unsur perangsang yang sesuai dengan materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari; (e) siswa belum mampu mengolah dan menghubungkan informasi di STM (Short Term Memory) menjadi bermakna pada pola perseptual LTM (Long Term Memory); (f) siswa belum membuktikan melalui suatu prestasi kepada guru dan diri sendiri bahwa materi pelajaran matematika telah dikuasai serta memberi indikasi bahwa tujuan belajar matematika pada dasarnya belum tercapai; (g) siswa mendapat penguatan (umpan balik) dari guru apabila prestasinya tepat dan mendapat koreksi apabila prestasinya belum tepat; serta (h) siswa mengerjakan tugas tetapi tidak mengulang-ulang kembali materi pelajaran matematika yang sedang dipelajari untuk memantabkan hasil belajar. Kata Kunci : analisis, persiapan siswa, tes hasil belajar pelajaran matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |