Keefektifan Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Metode Inkuiri dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Minat Siswa terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA Negeri Kabupaten Ngada

Bai, Arnoldus Fransiskus (2016) Keefektifan Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Metode Inkuiri dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Minat Siswa terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA Negeri Kabupaten Ngada. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arnoldus-fransiskus-bai-14727251003.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kefektivitas dari implementasi pendekatan saintifik dengan seting inkuiri dan problem-based learning ditinjau dari minat siswa terhadap hasil belajar geografi kelas X SMA negeri di Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelompok, yaitu pada kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Kelompok eksperimen 1 adalah kelompok sampel yang pembelajarannya menggunakan metode inquiri. Sedangkan kelompok eksperimen 2 adalah kelompok sampel yang pembelajarannya menggunakan metode problem- based learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Golewa dan SMA Negeri 1 Soa Kabupaten Ngada. Dalam penelitian ini diambil dua kelas sebagai sampel, yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Kelompok eksperimen 1, yaitu kelas X A yang terdiri dari 27 siswa dan kelompok eksperimen 2 atau pembanding, yaitu kelas X D yang terdiri dari 22 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari penggunaan angket dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial analisis varian (ANAVA). Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari pembelajaran metode inquiri dan metode problem- based learning terhadap hasil belajar geografi. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar geografi; (3) Pada masing-masing metode pembelajaran tidak terdapat perbedaan dari tingkat minat belajar terhadap hasil belajar geografi. (4) Pada masing-masing kategori, tidak ada perbedaan minat belajar dengan metode pembelajaran terhadap hasil belajar geografi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Inquiri, Problem Based Learning, Minat Siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:51
Last Modified: 09 May 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42685

Actions (login required)

View Item View Item