HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN, KELINCAHAN DAN BALL FEELING DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PESERTA EKSTRAKULIKULER SEPAKBOLA SMP N 2 GODEAN YOGYAKARTA

Wijianarko, Tutuk (2016) HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN, KELINCAHAN DAN BALL FEELING DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PESERTA EKSTRAKULIKULER SEPAKBOLA SMP N 2 GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi tutuk.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum baiknya kemampuan peserta ekstrakulikuler sepakbola SMP N 2 Godean dalam melakukan dribling atau menggiring bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecepatan, kelincahan, dan ball feeling dengan kemampuan menggiring bola peserta ekstrakulikuler sepakbola SMP N 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan tiga variabel bebas,yaitu : kecepatan (X1) kelincahan (X2) dan ball feeling (X3),serta satu variabel terikat yaitu: kemampuan menggiring bola (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakulikuler sepakbola SMP N 2 Godean Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran, yaitu dengan instrumen tes lari 50 meter dari TKJI untuk mengukur kecepatan, dodging run test untuk mengukur kelincahan,dan tes menimang-nimang bola rendah selama 30 detik untuk mengukur ball feeling, serta tes menggiring bola dari Subagyo Irianto untuk mengukur kemampuan menggiring bola. Dalam penelitian ini, pengujian data dilakukan melalui dua tahap, yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas sedangkan uji hipotesis terdiri dari korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis alternatif atau Ha diterima, hasilnya yaitu : (1) Ada hubungan antara kecepatan dengan kemampuan menggiring bola peserta ekstrakulikuler sepak bola SMP N 2 Godean. (2) Ada hubungan antara kelincahan dengan kemampuan menggiring bola peserta ekstrakulikuler sepak bola SMP N 2 Godean. (3) Ada hubungan antara ball feeling dengan kemampuan menggiring bola peserta ekstrakulikuler sepak bola SMP N 2 Godean. (4) Adanya hubungan Antara Kecepatan, Kelincahan, dan Ball Feeling dengan Kemampuan Menggiring Bola Peserta Ekstrakulikuler SMP N 2 Godean Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, kelincahan,ball feeling, menggiring bola, ekstrakurikuler sepakbola SMP N 2 Godean
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42676

Actions (login required)

View Item View Item