Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tema Pembuatan Kain Tenun untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Kelas VIII Siswa SMP.

Fathurrahman, Fathurrahman (2016) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tema Pembuatan Kain Tenun untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Kelas VIII Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fathurrahman-14708251062.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) yang berbasis potensi lokal yang layak; mengetahui kelayakan (SSP) yang berbasis potensi lokal; dan menguji keefektifan (SSP) yang berbasis potensi lokal untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Depelopment (R&D) dengan mengacu pada model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap. Dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ke 9 dengan dimodifikasi menjadi 4 tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, uji coba dan finalisasi produk. Subjek uji coba adalah siswa SMP N 1 Pringgasela Lombok Timur, NTB. Uji coba skala kecil terdiri dari 10 siswa SMP kelas VIII dan uji coba lapangan terdiri dari dua kelas dimana satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas ekperimen. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar penilaian produk, penilaian SSP oleh guru ahli media, ahli materi dan guru IPA, angket motivasi, angket respon siswa, angket respon terhadap LKS dan lembar penilaian. Hasil dari penilaian SSP berupa silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian berkategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa motivasi siswa setelah melakukan pembelajaran yang menggunakan SSP yang dikembangkan berkategori baik, sedangkan untuk respon siswa terhadap proses pembelajaran dan respon siswa terhadap LKS berkategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas ekperimen memiliki rerata sebesar 75,20 dan kelas kontrol sebesar 66,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa SSP yang berbasis potensi lokal yang dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan SSP, Pendidikan IPA, Potensi lokal kain tenun, Motivasi, Hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:21
Last Modified: 09 May 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42675

Actions (login required)

View Item View Item