PENGARUH LATIHAN PERNAPASAN BUTEYKO TERHADAP ARUS PUNCAK EKSPIRASI (APE) PADA PENDERITA ASMA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dandy Prastyanto (2016) PENGARUH LATIHAN PERNAPASAN BUTEYKO TERHADAP ARUS PUNCAK EKSPIRASI (APE) PADA PENDERITA ASMA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRISPI DANDY PRASTYANTO (12603141021).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah banyaknya penderita asma berdasarkan prevalensi asma di Indonesia. D.I Yogyakarta menempati posisi ketiga terbanyak dan pada usia 15-24 tahun menempati posisi kedua terbanyak penderita asma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pernapasan Buteyko terhadap Arus Puncak Ekspirasi (APE) pada penderita asma mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian pre-test and post-test. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang menderita asma. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menderita asma berjumlah 12 orang. Subjek diberikan perlakuan dengan metode Latihan Pernapasan Buteyko, perlakuan (treatment) dilakukan tiga kali sehari (pagi, siang, malam) selama 4 minggu pertemuan, kemudian sebelum dan sesudah perlakuan dilakukan tes Arus Puncak Ekspirasi dengan satuan liter/menit (L/min). Instrumen pengambilan data menggunakan tes peak flow meter. Teknik analisis data menggunakan uji-t, setelah sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Latihan Pernapasan Buteyko terhadap Arus Puncak Ekspirasi dengan p value 0,000 < 0,05. Rerata kenaikan Arus Puncak Ekspirasi setelah mendapatkan perlakuan dengan Latihan Pernapasan Buteyko sebesar 89,17 L/min. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Latihan Pernapasan Buteyko dapat meningkatkan Arus Puncak Ekspirasi pada penderita asma.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: asma, latihan pernapasan Buteyko, arus puncak ekspirasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Oct 2016 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42669

Actions (login required)

View Item View Item