Keefektifan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kompetensi Perbaikan Sistem Kopling dan Komponennya di SMK Ma’arif 1 Nanggulan.

Hudi, Samsul (2016) Keefektifan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kompetensi Perbaikan Sistem Kopling dan Komponennya di SMK Ma’arif 1 Nanggulan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-samsul-hudi-09702251015.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponennya antara siswa dengan metode pembelajaran berbasis masalah dan siswa dengan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponennya antara siswa skor tinggi kompetensi prasyarat dengan metode pembelajaran berbasis masalah, dan siswa skor tinggi kompetensi prasyarat dengan pembelajaran konvensional, (3) perbedaan kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponennya antara siswa skor rendah kompetensi prasyarat dengan metode pembelajaran berbasis masalah dan siswa skor rendah kompetensi prasyarat dengan pembelajaran konvensional, dan (4) interaksi antara metode pembelajaran dan kompetensi prasyarat siswa dalam pengaruhnya terhadap pencapaian kompetensi siswa Penelitian ini merupakan penelitian experimen semu dengan desain faktorial yang dilakukan dengan memberikan perlakuan dalam metode pembelajaran. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu dalam proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kepada kelompok kontrol diberikan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan sampel dengan jumlah 40 dengan kelompok eksperimen 20 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varian ( ANOVA) dengan program SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponennya antara siswa dengan metode pembelajaran berbasis masalah dan siswa dengan pembelajaran konvensional, (2) tidak ada perbedaan kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponennya antara siswa skor tinggi kompetensi prasysrat dengan metode pembelajaran berbasis masalah dan siswa skor tingi kompetensi prasyarat dengan pembelajaran konvensional, (3) ada perbedaan yang signifikan kompetensi memperbaiki unit kopling dan komponennya antara siswa skor rendah kompetensi prasyarat dengan metode pembelajaran berbasis masalah dan siswa skor rendah kompetensi prasyarat dengan pembelajaran konvensional,dan (4) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kompetensi prasyarat siswa dalam pengaruhnya terhadap pencapaian kompetensi siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2016 01:47
Last Modified: 09 May 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42664

Actions (login required)

View Item View Item