PENGEMBANGAN PERMAINAN LIBERATE HOSTAGES UNTUK PEMBELAJARAN SERVIS BOLAVOLI KELAS X DI SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN YOGYAKARTA

Ariyanto, Nanang (2016) PENGEMBANGAN PERMAINAN LIBERATE HOSTAGES UNTUK PEMBELAJARAN SERVIS BOLAVOLI KELAS X DI SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - NANANG ARIYANTO - 12601244118.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah penggunaan metode drill dalam pembelajaran servis bolavoli mengarah pada pembelajaran yang membosankan dan menjenuhkan bagi peserta didik. Hal ini terlihat ketika siswa mengantri giliran servis dimanfaatkan untuk mengobrol, duduk-duduk, bercanda dan pandangan kemana mana. Untuk itu, perlu adanya sebuah permainan yang sifatnya menantang, menyenangkan dan kompetitif agar siswa lebih aktif dan memiliki antusias tinggi terhadap pembelajaran servis bolavoli. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk permainan Liberate Hostages untuk pembelajaran servis bolavoli dalam berupa buku panduan permainan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (reaserch and development) dengan langkah-langkah penelitian melalui berbagai tahapan: (1) Mengananlisis potensi dan masalah, (2) Studi literatur dan pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Pembuatan produk, (7) Uji coba terbatas, (8) Revisi produk, (9) Uji Coba Pemakaian, (10) Revisi produk II. Subyek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cangkringan. Jenis data berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran serta masukan sebagai data tambahan. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah buku panduan permainan Liberate Hostages. Hasil penelitian pada ujicoba terbatas, dari ahli materi 1, ahli materi 2 dan ahli praktisi masing-masing mendapatkan persentase sebesar 80%, 74%, dan 64 % dan semua memperoleh kategori “layak”, serta dari siswa mendapatkan persentase sebesar 87,50% dengan kategori “sangat layak”. Pada ujicoba pemakaian, dari ahli materi 1, ahli materi 2, ahli praktisi, dan siswa masing-masing mendapatkan persentase sebesar 89.2%, 90.6% 85.2% dan 85.23% dan semua memperoleh kategori “sangat layak”, ahli materi 2 mendapatkan persentase sebesar 90,6% dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan, pembelajaran, servis, bolavoli.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42662

Actions (login required)

View Item View Item