LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

PUTRI YULINASARI SUPRAPTI, PUTRI YULINASARI SUPRAPTI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 2 Sleman yang terletak di Brayut, Pandowoharjo, Sleman, Sleman, Yogyakarta. PPL ini berlangsung sekitar 10 minggu ( sejak tanggal 2 Juli 2014 hingga 17 September 2014) dengan waktu mengajar efektif sekitar 5 minggu ( 14 Agustus 2014 hingga 17 September 2014 ). Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran / Kegiatan Belajar Mengajar dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial serta memberikan kesempatan mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, memahami dan menghayati permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Bahasa Prancis pada khususnya. Kegiatan praktek pengalamam Lapangan (PPL) meliputi kegiatan praktek mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 14 Agustus 2014 pada waktu efektif karena bulan Juli proses pembelajaran diliburkan selama akumulasi 3 minggu. Praktik mengajar dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar selama minimal 10 kali pertemuan. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, praktikan memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Namun hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru dan dosen pembimbing sehingga permasalahan segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kegiatan PPL ini memberikan manfaat pada mahasiswa karena ilmu yang sudah diterima di kampus dapat diterapkan dan dibagikan kepada para siswa. Mahasiswa juga dapar mempraktikan mengelola kegiatan belajar-mengajar di kelas dengan lancar walau dalam pelaksanaan PPL terdapat kekurangan yang perlu dievaluasi untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa calon pendidik. Namun hal yang paling penting dengan PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman yang sangat berharga, yang terkait dengan hubungan kekeluargaan dan silaturahim yang

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Oct 2016 00:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42651

Actions (login required)

View Item View Item