LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN

Purwoko Haryadi Santoso, Purwoko Haryadi Santoso (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

SMA Negeri 2 Sleman terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah yang baru berdiri pada tahun 1991 ini memiliki daya tampung sebanyak 312 siswa, yang dibagi ke dalam 9 kelas. Siswa di sekolah ini sebagian besar berasal dari wilayah sekitar Kecamatan Sleman. Suasana daerah sekitar yang cukup tenang dan asri, membuat sekolah ini menjadi tempat yang nyaman bagi para siswanya untuk menuntut ilmu. Selain itu, siswa juga difasilitasi dengan sarana pengembangan diri berupa kegiatan ekstrakurikuler yang akomodatif. PPL adalah serangkaian kegiatan yang diprogramkan bagi mahasiswa UNY, yang meliputi baik latihan mengajar maupun latihan di luar mengajar. Kegiatan ini merupakan ajang untuk membentuk dan membina kompetensi-kompetensi profesional yang disyaratkan oleh pekerjaan guru atau lembaga kependidikan lainnya. Sasaran yang ingin dicapai adalah kepribadian calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat menggunakannya di dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Berdasarkan hasil pengamatan kondisi yang telah dilaksanakan, mahasiswa PPL membuat instrumen – instrumen pengajaran diantaranya : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pembelajaran bagi mahasiswa, agar mengetahui administrasi-administrasi yang harus dipenuhi ketika menjadi seorang guru. Melihat program pelaksanaan PPL yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa praktik pengalaman lapangan prodi Pendidikan Fisika SMA N 2 Sleman berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa dapat melaksanakan praktik mengajar seluas-luasnya baik di kampus maupun di sekolah, sehingga mahasiswa akan semakin luwes dan terampil dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Sehingga diharapkan mahasiswa calon guru akan lebih siap untuk menjadi guru, karena mereka telah memiliki keterampilan/pengetahuan yang memadai serta adanya perubahan sikap dan perilaku yang mencerminkan sebagai seorang guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Oct 2016 23:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42650

Actions (login required)

View Item View Item