LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMAN 2 SLEMAN

LATIFAH HANIF, LATIFAH HANIF (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMAN 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

SMA Negeri 2 Sleman merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan PPL. Sekolah ini mengusung sekolah berbasis religi. Hal tersebut ditunjukkan dari penggunaan jilbab bagi siswa putri yang beragama Islam, pembacaan Asmaul Husna 15 menit sebelum pelajaran dimulai, sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, serta kegiatan kerohanian lainnya. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktek Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik. Praktikan juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X MIA 1, X MIA 2, X IIS 1, dan X IIS 2. Dalam pelaksanaannya, praktikan daapat menerapkan ilmu pengetahuan dan prakter keguruan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang diperoleh di bangku perkuliahan. Hambatan yang diteMui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas karena kondisi siswa yang cukup ramai dan tidak memperhatikan. Praktikan masih kesulitan dalam mengontrol siswa dalam kegiatan kelompok ketika membagi kelompok, siswa masih kurang serius. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Oct 2016 23:40
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42647

Actions (login required)

View Item View Item