LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN

DYNA RUSDIANA, DYNA RUSDIANA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 2 Sleman yang terletak di dusun Brayut, Pandowoharjo, Sleman 55512 Telp. (0274) 869774 dan berlangsung selama kurang lebih 10 minggu, sejak tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Bahasa Prancis pada khususnya. Kegiatan praktek pengalamam Lapangan (PPL) meliputi kegiatan praktek mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 2 Juli 2014 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar selama minimal 10 kali pertemuan. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, praktikan memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Namun hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru dan dosen pembimbing sehingga permasalahan segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). v Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang sangat besar karena ilmu yang sudah diterima di kampus benar-benar dapat diterapkan dan dibagikan kepada para siswa serta praktikan dapat belajar mengelola kegiatan belajarmengajar di kelas dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan-kekurangan yang ditemui selama kegiatan PPL ini berlangsung. Namun hal yang paling penting dengan PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman yang sangat berharga, yang terkait dengan hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin dengan para siswa dan elemen sekolah tempat PPL berlangsung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Oct 2016 23:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42645

Actions (login required)

View Item View Item