Pengembangan Model Pembelajaran CodEF pada Diklat Teknis Substantif di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Mumpuni, Mila (2011) Pengembangan Model Pembelajaran CodEF pada Diklat Teknis Substantif di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-mila-mumpuni-08702261007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran diklat teknis substantif yang efektif dan efisien dalam membentuk kompetensi tenaga penyusun laporan keuangan. Pengembangan model pembelajaran ini dimaksudkan agar model pembelajaran mampu membentuk kompetensi tenaga operator yang terampil mengoperasikan aplikasi-aplikasi penyusunan laporan keuangan yaitu aplikasi SIMAK-BMN (Sistem Informasi Manajemen Akuntansi – Barang Milik Negara) dan aplikasi SAKPA (Sistem Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran). Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan eksperimen. Proses pengembangan dilakukan melalui lima fase yaitu investigasi awal, desain, realisasi, tes, dan implementasi. Penetapan komponen-komponen yang diperlukan dalam model pembelajaran diklat dilakukan melalui pendapat ahli di bidang akuntansi, perbendaharaan, pendidikan dan pelatihan, serta teknologi informasi. Kompenen-komponen model pembelajaran terdiri atas kurikulum yang mengacu standar kompetensi, peserta, pengajar, metode pembelajaran, materi diklat, evaluasi pembelajaran, dan media pembelajaran. Komponen model didesain dalam model pembelajaran yang mengkolaborasikan DVD sebagai media belajar bagi peserta diklat ke dalam e-learning sebagai proses pembelajaran secara virtual, dan face to face learning sebagai proses pembelajaran di kelas dalam situasi andragogy. Subjek penelitian adalah pegawai yang memiliki latar belakang pekerjaan di bagian keuangan dan/atau bagian umum/perlengkapan instansi pemerintah pengguna APBN. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Model pembelajaran diklat teknis yang sudah diselenggarakan melalui model konvensional tidak efektif diterapkan dalam menyiapkan tenaga penyusun laporan keuangan. 2) Hambatan pada model diklat yang sudah diterapkan terletak pada materi yang tidak merujuk pembentukan kompetensi tenaga operator, waktu diklat yang lama, dan proses pembelajaran terbatas di ruang kelas. 3) Model pembelajaran yang dikembangkan adalah mengkombinasikan belajar mandiri dengan DVD ke dalam pembelajaran di kelas “nyata” dengan kelas “virtual”. Oleh karena itu, model ini disebut CodEF (Combination of independent learning with dvd, E-Learning, Face to face Learning). 4) Materi pembelajaran yang diterapkan merujuk pembentukan kompetensi tenaga operator penyusun laporan keuangan yaitu mampu menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi SAKPA dan aplikasi SIMAK-BMN. 5) DVD yang berisi materi pembelajaran dalam bentuk e-file dikategorikan sebagai bentuk yang sederhana tetapi mudah digunakan oleh peserta. 6) Learning Management System (LMS) yang dibangun dengan moodle versi 2.0 pada alamat situs http://CodEF-learning.tk mampu membawa perubahan cara belajar bagi peserta. 7) Proses e-learning diterapkan melalui tutorial secara online maupun offline mampu membentuk aspek kognitif. 8) Proses face to face learning dikemas dalam materi komprehensif dari materi dan lebih merujuk pada studi kasus riil yang akan dihadapi oleh para calon tenaga operator. 9) Efisiensi jadwal pembelajaran yang diterapkan tidak akan mengganggu tugas kedinasan internal peserta. 10) Uji kompetensi dengan simulasi pekerjaan sebagai tenaga operator yang mengoperasikan aplikasi SAKPA dan aplikasi SIMAK-BMN. 11) Tingkat respon peserta pada kategori “Baik” menunjukkan persepsi terhadap ketercapaian keterampilan peserta dalam mengoperasikan aplikasi. 12) Tingkat respon pengajar pada kategori “Baik” menunjukkan model mampu membentuk perubahan peserta menyukai materi penyusunan laporan keuangan, menjadi cermat dan teliti dalam menginput data, serta menyukai proses pembelajaran baik e-learning maupun face to face learning. 13) Hasil uji Model CodEF sebagai model pembelajaran secara umum menunjukkan bahwa model tersebut sesuai dengan kriteria dari spesifikasi produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran CodEF
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2016 11:50
Last Modified: 03 Oct 2022 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42633

Actions (login required)

View Item View Item