Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan untuk Pembentukan Jiwa Entrepreneur Siswa di Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK)

Hasanah, Hasanah (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan untuk Pembentukan Jiwa Entrepreneur Siswa di Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-hasanah-08702261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan model pembelajaran kewirausahaan yang dapat digunakan untuk menumbuhkan jiwa Entrepreneur siswa SMK, (2) menghasilkan perangkat Model PKw-Ekskul yang dapat dipergunakan di SMK, (3) menghasilkan model pembelajaran kewirausahaan yang memenuhi kriteria valid untuk digunakan di SMK, (4) menghasilkan model pembelajaran kewirausahaan yang memenuhi kriteria efektif digunakan di SMK, dan (5) menghasilkan model pembelajaran kewirausahaan yang memenuhi kriteria praktis untuk digunakan di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development), yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahapan pengembangan terdiri dari 4 fase, yakni: (1) fase investigasi awal, (2) perancangan, (3) konstruksi/realisasi, dan (4) validasi, uji coba, dan revisi. Produk yang dihasilkan dari tahapan-tahapan tersebut, divalidasi oleh ahli materi dan ahli pendidikan teknologi kejuruan. Penilaian dilakukan sebanyak tiga kali, yakni: (a) pra-ujicoba terbatas, (b) setelah-ujicoba terbatas, dan (c) setelah ujicoba diperluas. Pra-ujicoba terbatas, penilaian dilakukan oleh pakar pendidikan kewirausahaan, dan pendidikan teknologi kejuruan. Setelah ujicoba terbatas dan ujicoba diperluas, penilaian dilakukan oleh guru kewirausahaan sebagai praktisi lapangan. Untuk mengukur tingkat kesepahaman antar penilai terhadap hasil penilaian oleh para ahli dianalisis dengan statistic Coeffisient Cohen’s Kappa dan Percentage of agreements. Subjek penelitian adalah siswa semester II kelas XI dan guru kewirausahaan, berasal dari tiga SMK yaitu: SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta, SMK Negeri 5 Makassar, dan SMK Kartika Wirabuana-1 Makassar. Hasil penelitian adalah: (1) model pembelajaran kewirausahaan yang dikembangkan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa di SMK adalah model pembelajaran ekstrakurikuler kewirausahaan (Model PKw-Ekskul) melalui dua tahap, yaitu: tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan sehingga model fit secara teoritis dan secara empiris; (2) perangkat model yang dihasilkan adalah buku panduan model dan perangkat pembelajaran (RPP, modul-modul pembelajaran dan perangkat evaluasi); (3) model yang dihasilkan memenuhi kriteria valid untuk dipergunakan di SMK; (4) model yang dihasikan memenuhi kriteria praktis dipergunakan di SMK, (5) Hasil analisis keefektifan model menunjukkan bahwa Model PKw-Ekskul memenuhi kriteria sangat efektif, (6) respons siswa dan guru sangat positif dan secara objektif siswa dan guru mengatakan bahwa Model PKw-Ekskul ini efektif menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa di SMK, dan (7) Model PKw-Ekskul dapat berfungsi baik menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2016 11:28
Last Modified: 30 Sep 2022 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42631

Actions (login required)

View Item View Item