PREPARASI NANOMATERIAL KARBON MENGGUNAKAN METODE LIQUID MECHANICAL EXFOLIATION DIBANTU OLEH LINEAR ALKYLBENZENE SULFONATE DENGAN VARIASI WAKTU PENCAMPURAN

Pratiwi Dhian, Phatma (2016) PREPARASI NANOMATERIAL KARBON MENGGUNAKAN METODE LIQUID MECHANICAL EXFOLIATION DIBANTU OLEH LINEAR ALKYLBENZENE SULFONATE DENGAN VARIASI WAKTU PENCAMPURAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Lengkap.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui besarnya Energi Gap pada hasil karakterisasi UV-Vis dengan variasi waktu (10 menit, 20 menit, dan 30 menit) pencampuran bahan antara LAS, air, dan graphite dari pensil 2B serta pencampuran bahan antara air dan graphite dari pensil 2B menggunakan metode LME (2) mengetahui struktur kristal dan parameter kisi pada hasil karakterisasi XRD dengan variasi waktu (10 menit, 20 menit, dan 30 menit) pencampuran bahan antara LAS, air, dan graphite dari pensil 2B serta pencampuran bahan antara air dan graphite dari pensil 2B menggunakan metode LME dan (3) mengetahui morfologi permukaan dan hasil komposisi kimia pada hasil karakterisasi SEM dan EDAX dengan variasi waktu (20 menit) pencampuran bahan antara LAS, air, dan graphite dari pensil 2B menggunakan metode LME. Sintesis graphene dengan LAS dan sintesis graphene tanpa LAS meggunakan metode LME. Variasi waktu pencampuran bahan yang digunakan adalah 10 menit, 20 menit, dan 30 menit dengan frekuensi blender tetap yaitu 36.89 Hz. Selanjutnya, dilakukan sentrifugasi dengan kecepatan 3000 rpm selama 20 menit sebanyak 12 kali. Karakterisasi yang dilakukan adalah karakterisasi menggunakan UV–Vis, XRD, SEM dan EDAX. Hasil penelitian dari karakterisasi spektrofotometer UV-Vis dengan variasi waktu pencampuran, menunjukkan bahwa semakin besar panjang gelombang, Eg yang dihasilkan semakin kecil. Hal ini sesuai dengan teori bahwa panjang gelombang berbanding terbalik dengan Eg. Pada karakterisasi XRD terhadap variasi waktu pencampuran muncul peak pada hasil difaktogram sinar-X. Munculnya peak menunjukkan bahwa graphene yang dihasilkan adalah kristal. Dan diketahui struktur kristal dari material tersebut adalah heksagonal dengan parameter kisi ɑ = 0,235686 nm dan c = 0,370314 nm. Hasil dari karakterisasi SEM dengan variasi waktu pencampuran 20 menit, diketahui morfologi dari sampel menghasilkan graphene berbentuk flakes, menyebar, dan bertumpuk -tumpuk, dengan ukuran (1.292 – 3.467) μm serta karakterisasi menggunakan EDAX menunjukkan presentase kandungan karbon sebesar 77.68% dan oksigen sebesar 17.27%. Kata Kunci: Nanomaterial, graphene, graphite, liquid mechanical exfoliation, linear alkylbenzene sulfonate, waktu pencampuran bahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42629

Actions (login required)

View Item View Item