PEMBELAJARAN MAKRAME PADA JURUSAN KRIYA TEKSTIL DI SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sa’adah, Neng (2016) PEMBELAJARAN MAKRAME PADA JURUSAN KRIYA TEKSTIL DI SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NENG SA'ADAH NIM 12207249002.pdf

Download (55MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran makrame di Kelas X Kriya Tekstil 3 SMK Negeri 2 Sewon Bantul pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan KTSP 2006 dimana satu guru mengajar 23 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pembelajaran makrame dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini adalah penelitian deskripsi. Data penelitian berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan pembelajaran makrame di Kelas X Kriya Tekstil 3 SMK Negeri 2 Sewon Bantul. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah guru dan peserta didik Kelas X Kriya Tekstil 3 yang melaksanakan pembelajaran makrame. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru menyusun silabus dan RPP dalam tahap perencanaan pembelajaran. Media yang digunakan adalah contoh produk, contoh gambar, video dan powerpoint. Metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan digunakan dalam pembelajaran oleh guru. Materi yang diajarkan berupa mendeskripsikan jenis-jenis simpul, membuat kriya makrame untuk benda hias, dan membuat kriya makrame untuk benda fungsional. 2) Pelaksanaan pembelajaran makrame menggunakan KTSP 2006 meliputi kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi yang diajar oleh satu guru dengan jumlah peserta didik 23 orang. 3) Penilaian hasil belajar dititikberatkan pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan terdapat program remidi, serta pengayaan. Hasil penilaian akhir didapatakan skor tertinggi 84 dan nilai terendah skor 75,3. Oleh karena itu, 23 peserta didik dinyatakan sudah mencapai standar KKM 75 dan dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 21 Oct 2016 09:13
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42628

Actions (login required)

View Item View Item