EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGOLAH MAKANAN KONTINENTAL DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Ulfa Damara, Nurmalita (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGOLAH MAKANAN KONTINENTAL DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ulfa Damara nurmalita-10511244011.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGOLAH MAKANAN KONTINENTAL DI SMK NEGERI 3 WONOSARI Oleh: Ulfa Damara Nurmalita NIM 10511244011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) context: kesesuaian materi yang diberikan pada pembelajaran Mengolah Makanan Kontinental dengan KTSP untuk siswa kelas XI Tata Boga. (2) input: (a) latar belakang guru pengampu mata pelajaran produktif Mengolah Makanan Kontinental, (b) minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Mengolah Makanan Kontinental, (c) ketersediaan sarana dan prasarana praktik yang sesuai dengan standar dan kebutuhan saat pembelajaran, (d) biaya yang digunakan dalam pembelajaran Mengolah Makanan Kontinental sudah tercukupi atau belum. (3) process: media dan metode yang digunakan guru dalam mengajar mata pelajaran produktif Mengolah Makanan Kontinental. (4) product: hasil akhir belajar siswa yang dilihat dari aspek afektif, kognitif dan psikomotor pada pelajaran produktif Mengolah Makanan Kontinental yang terakumulasi pada nilai akhir siswa semester 1 kelas XI Tata Boga. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode CIPP (context, input, process, product). Subyek penelitian terdiri dari: (1) guru, (2) siswa. Obyek penelitian terdiri dari: (1) program pembelajaran, (2) latar belakang pendidikan guru, (3) prasarana dan sarana, (4) minat siswa, (5) media dan metode yang digunakan, (6) nilai akhir siswa dalam pembelajaran. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) context: materi yang digunakan dalam pembelajaran telah sesuai dengan KTSP 2008 dengan standar kompetensi Mengolah Makanan Kontinental. (2) input: (a) Latar pendidikan guru telah sesuai dengan mata pelajaran MMK dengan tingkat pendidikan S1 jurusan PKK dengan pengalaman mengajar selama 14 tahun dan 4 tahun, (b) minat siswa 78,1% terhadap MMK masuk dalam kategori tinggi , (c) prasarana dan sarana masih adanya kekurangan pada alat pengolahan, (d) biaya sudah tercukupi yang disubsidi dari sekolah. (3) media dan metode yang digunakan guru dalam MMK 56,2% masuk dalam kategori cukup baik. (4) hasil akhir siswa kelas XI Tata Boga 1 dengan rata-rata 84,18 dapat dikatakan tuntas sesuai KKM yang telah ditentukan. Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Mengolah Makanan Kontinental.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42622

Actions (login required)

View Item View Item