Relevansi Kurikulum Program Diploma III Akuntansi FE UNY dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 5.

Jatmika, Surya (2016) Relevansi Kurikulum Program Diploma III Akuntansi FE UNY dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 5. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-surya-jatmika-14701251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penyusunan dan mengungkapkan relevansi kurikulum Program Diploma III Akuntansi FE UNY dengan KKNI Level 5. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilengkapi dengan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 19 dosen perguruan tinggi yang terdiri atas tiga dosen Prodi D3 Akuntansi UNY sebagai responden wawancara, serta lima dosen D3 Akuntansi AA YKPN, enam dosen D3 Akuntansi UGM, dan lima dosen D3 Akuntansi UII sebagai responden kuesioner. Dokumentasi yang digunakan adalah pedoman Kurikulum 2014 Program Studi Diploma III Akuntansi FE UNY yang dibandingkan dengan pedoman KKNI level 5 versi IAI-KAPD 2013. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Proses penyusunan kurikulum, learning outcomes prodi, learning outcomes lulusan, serta mata kuliah Prodi D3 Akuntansi FE UNY secara umum tidak sesuai dengan panduan yang telah diberikan oleh Ditjen Dikti. Beberapa faktor penghambat proses penyusunan kurikulum di antaranya adalah banyaknya mata kuliah titipan dari universitas dan fakultas, kurangnya manajemen waktu dan alokasi waktu pengelola dalam penyusunan kurikulum berbasis KKNI, faktor sering lupa yang dialami Kaprodi dalam menyimpan file hasil revisi, dan kesulitan dalam proses penyusunan learning outcomes lulusan yang mengandung nilai-nilai karakter. Faktor pendukung dalam penyusunan kurikulum prodi D3 Akuntansi FE UNY adalah adanya kebijakan maupun arahan dari pengelola universitas maupun fakultas yang mendukung implementasi KKNI, adanya kesadaran pengelola (Kaprodi) mengenai pentingnya penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan pengguna lulusan, dan ketersediaan buku panduan penyusunan kurikulum KKNI program studi yang diterbitkan Ditjen Dikti. (2) Tingkat relevansi learning outcomes Prodi D3 Akuntansi FE UNY terhadap KKNI Level 5 sebesar 68,36%. Tingkat relevansi learning outcomes lulusan prodi D3 Akuntansi FE UNY terhadap learning outcomes lulusan prodi KKNI Level 5 sebesar 51,95%. Tingkat relevansi mata kuliah prodi D3 Akuntansi FE UNY terhadap mata kuliah prodi KKNI Level 5 sebesar 54,29%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: relevansi kurikulum, standar kompetensi, D3 akuntansi, KKNI level 5
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:24
Last Modified: 10 Mar 2022 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42620

Actions (login required)

View Item View Item