PENGARUH PENGGUNAAN METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR PRESISI DI SMK. DR SUTOMO TEMANGGUNG

Tunggul, Setio Aji (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR PRESISI DI SMK. DR SUTOMO TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tunggul Setio 09503241014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa 2) kontribusi hasil belajar hasil belajar siswa (3). Mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan metode Synergetic teaching dan ceramah pada Mata Pelajaran Penggunaan Alat Ukur Presisi Jurusan Teknik Pemesinan di SMK DR. Sutomo Temanggung Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized pretest-posttest control group design. Proses penelitian dilakukan pengamatan pada dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok dengan eksperimen yang diberi materi menggunakan metode Synergetic teaching, dan kelompok kontrol yang diberi materi menggunakan metode konvensional. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t , dan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian yaitu (1) pengujian hipotesis dengan uji-t menghasilkan thitung = 2,505 sedangkan Ttabel = 2,040, karena harga thitung > ttabel maka dapat dikatakan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran synergetic teaching dengan kelas menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Penggunaan Alat Ukur di jurusan teknik pemesinan SMK DR. Sutomo Temanggung. (2) Nilai rata-rata kelas dengan menggunakan metode Synergetic Teaching mengalami peningkatan yang lebih besar yakni 2,32175 sedangkan metode konvensional mengalamai peningkatan sebesar 1,25368 (3). Persentase kelulusan hasil belajar siswa menggunakan metode Synergetic teaching sebesar 90,62% sedangkan dengan menggunakan metode konvensional sebesar 82,35%. Kata kunci : Synergetic teaching , hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Oct 2016 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42618

Actions (login required)

View Item View Item