PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIK MESIN BUBUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Widodo, Widodo (2016) PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIK MESIN BUBUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI 2014_WIDODO_10503241014.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIK MESIN BUBUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Widodo NIM 10503241014 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan langkah-langkah e-module praktik mesin bubut untuk kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (2) Mengetahui kelayakan e-module praktik mesin bubut yang telah dibuat untuk kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; dan (3) Mengetahui efektifitas e-module praktik mesin bubut yang telah dikembangkan untuk kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima langkah, yaitu: (1) Analysis (Analisis); (2) Design (Desain); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementation (Implementasi); dan (5) Evaluation (Evaluasi). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Dalam penelitian pengembangan ini digunakan instrumen berupa angket atau kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan e-module sesuai dengan model pengembangan ADDIE; (2) Berdasarkan penilaian ahli media, kelayakan e-module yang meliputi aspek tampilan desain layar, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai presentase 75 % (layak). Berdasarkan penilaian ahli materi, kelayakan e-module yang meliputi aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kemanfaatan presentase 90 % (sangat layak). Berdasarakan uji coba e-module yang dilakukan terhadap siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta presentase 85 % (sangat baik); dan (3) Efekifitas e-module praktik mesin bubut yang telah dikembangkan mampu meningkatkan jumlah kelulusan siswa pada mata pelajaran praktik mesin bubut sebesar 57, 14 %, bila dibandingkan dengan kelas kontrol terdapat perbedaan jumlah kelulusan sebesar 36 %. Kata kunci: Pengembangan, E-Module, Praktik Mesin Bubut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Oct 2016 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42613

Actions (login required)

View Item View Item