PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK GRAFFITO DI TK NASIONAL DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Nur Hidayati, Mey (2016) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK GRAFFITO DI TK NASIONAL DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS MEY NUR HIDAYATI.PDF

Download (82MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran menggambar dengan menggunakan teknik graffito di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan guru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah karya anak pada kelompok B di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH) dan peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran dengan teknik graffito di TK Nasional Depok, Sleman, Yogyakarta dipandu oleh guru kelas dengan mempersiapkan silabus dan Rencana Kegiatan Harian (RKH), bahan pembelajaran yang mengacu pada modul “Panduan Lengkap Menggambar dengan Krayon” yang memuat langkah-langkah menggambar menggunakan teknik graffito yaitu, 1) membagikan alat kerik dan kertas gambar putih kepada anak-anak, 2) menggores kertas gambar putih dengan krayon berwarna cerah sampai tertutup semua permukaan kertas putih, 3) menimpa goresan krayon warna cerah dengan krayon warna hitam sampai menutup semua permukaan, 4) mengerik permukaan kertas yang telah tertutupi warna hitam sehingga muncul susunan garis warna cerah yang membentuk bidang dan menghasilkan objek gambar. Dari 11 karya diketahui bahwa kepadatan garis hasil kerikan dari teknik graffito membentuk bidang-bidang yang menyerupai segitiga, persegi panjang, dan bulat yang kemudian susunan bidang tersebut menghasilkan sebuah gambar dengan tema pemandangan alam, pemandangan laut, dan suasana perkotaan. Secara keseluruhan warna dasar yang nampak pada gambar terdiri dari 5 susunan warna cerah yaitu merah, kuning, biru, hijau, dan orange. Penilaian karya menggunakan tanda bintang satu, dua, tiga, dan empat. Dari 11 karya diketahui bahwa satu anak mendapatkan bintang satu, dua anak mendapatkan bintang dua, empat anak mendapatkan bintang tiga, dan empat anak mendapatkan bintang empat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42601

Actions (login required)

View Item View Item