PENGARUH COMPUTER ANXIETY, COMPUTER ATTITUDE DAN COMPUTER SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGGUNAKAN SOFTWARE AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2012-2014)

Aprilian, Kusuma Putra (2016) PENGARUH COMPUTER ANXIETY, COMPUTER ATTITUDE DAN COMPUTER SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGGUNAKAN SOFTWARE AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2012-2014). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi _APRILIAN KUSUMA PUTRA_12812141011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Computer Anxiety terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi, (2) pengaruh Computer Attitude terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi, (3) pengaruh Computer Self Efficacy terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi, (4) pengaruh Computer Anxiety, Computer Attitude, dan Computer Self Efficacy secara bersama-sama terhadap Minat Mahasiswa Akuntnsi Menggunakan Software Akuntansi. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 267 mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2012, 2013, dan 2014 dengan sampel penelitian sebanyak 152 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 30 responden di dalam populasi di luar sampel. Hasil dari uji coba penelitian adalah : Jumlah butir pertanyaan yang valid 42 dari 50 pertanyaan dan nilai Alphacrombach dari semua variabel penelitian menunjukkan lebih besar dari 0,060. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Computer Anxiety (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,174 dan koefisien determinasi sebesar 0,032. (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Computer Attitude (X2) terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05 yaitu 0,065. (3) Computer Self Efficacy (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,205 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,039. (4) Computer Anxiety, Computer Attitude, dan Computer Self Efficacy secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunkan Software Akuntansi, hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 4,466 > nilai F tabel sebesar 3,90.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Computer, Anxiety, Attitude, Self Efficacy, Minat Mahasiswa Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42598

Actions (login required)

View Item View Item