PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN KELAS XI SEMESTER II BERBASIS KONTEKSTUAL

N. Alfiana, - (2016) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN KELAS XI SEMESTER II BERBASIS KONTEKSTUAL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan buku petunjuk praktikum kimia SMK kompetensi keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian kelas XI semester II berbasis kontekstual dan mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum kimia SMK kompetensi keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian kelas XI semester II berbasis kontekstual. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Prosedur pengembangan buku petunjuk praktikum kimia berbasis kontekstual mengadaptasi model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan diseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D. Prosedur pengembangan yang dilakukan diawali dengan tahap define, design, dan diakhiri dengan tahap develop. Produk hasil pengembangan kemudian ditinjau oleh 3 peer reviewer, ahli media sekaligus ahli materi. Produk yang telah melalui tahap revisi kemudian dinilai dan diberi masukan oleh reviewer, yaitu 5 guru kimia SMK di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan meliputi 6 aspek penilaian yaitu: aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikan, muatan kontekstual dan keterlaksanaan dengan 32 indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa skor dari pengubahan skala likert kemudian ditabulasikan dan dianalisis dengan pedoman penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian ini berupa buku petunjuk praktikum kimia untuk SMK berbasis kontekstual dan kualitasnya. Hasil penilaian dari 5 reviewer untuk keenam aspek memiliki skor rata-rata berturut-turut adalah 25,6; 25,4; 16,2; 31,4; 20,6; 17. Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 85,125%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Oct 2016 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42597

Actions (login required)

View Item View Item