Setiawati, Trina Indah (2016) PERENCANAAN USAHA PRODUK ES KRIM BERBAHAN BAKU KACANG MERAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Trina Indah Setiawati - 4015 - FT - TA - 2011.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Proyek akhir ini bertujuan untuk: (1) Merencanakan usaha (produksi, pemasaran dan keuangan) produk es krim kacang merah. (2) Mengetahui IFAS dan EFAS produk dan usaha es krim kacang merah. (3) Mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) produk dan usaha es krim kacang merah. (4) Menentukan strategi usaha produk es krim kacang merah. (5) Mengimplementasikan strategi usaha produk es krim kacang merah. (6) Mengevaluasi implementasi usaha produk es krim kacang merah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Juli 2010. Tahapan penelitian yang dilakukan: perencanaan usaha (produksi, pemasaran, dan keuangan). Membuat IFAS dan EFAS, membuat matrix SWOT, kemudian memilih satu alternatif strategi, mengimplementasikan alternatif strategi, dan mengevaluasi implementasi usaha es krim kacang merah. Analisis data deskriptif dimulai dengan membuat tabel kuisioner jumlah pengunjung, kemudian menghitung skor dan rerata. Analisis harga jual dilakukan dengan metode mark up 34% dan BEP selama 1 bulan. Analisis keuangan dilakukan dengan menghitung aspek keuangan dalam jangka waktu 1 tahun. Hasil penelitian adalah: (1) Perencanaan usaha industri rumah tangga es krim kacang merah berada di jalan Wahid Hasyim Gg. Ace No.4, Depok-Sleman, Yogyakarta bertujuan memberi inovasi jenis es krim kepada masyarakat, dengan anak-anak dan remaja sebagai target pasarnya. Menentukan harga jual, BEP per bulan, dan target penjualan. (2) IFAS dan EFAS pada produk dan usaha es krim kacang merah didasarkan pada keunggulan relatif terhadap pesaing utama dan pada prediksi atau kemampuan perusahaan untuk masa yang akan datang dengan skor IFAS = 3,3 dan EFAS = 2,8. (3) Matrix SWOT dari analisis SWOT maka ada 4 alternatif strategi yang ada yaitu SO, ST, WO, dan WT. (4) Alternatif strategi yang dipilih berdasarkan matrix SWOT yaitu strategi SO dengan memanfaatkan kekuatan untuk mendapatkan peluang. (5) Implementasi alternatif strategi SO dengan cara mempromosikan produk melalui brosur & lisan, menawarkan produk ke semua kalangan, menitipkan produk di warung dan toko, dan menerima pesanan dan mengantarkannya (pembelian minimal Rp 25.000, jarak maksimal 2 km). (6) Evaluasi implementasi usaha es krim kacang merah dengan strategi SO menunjukkan penjualan dapat melebihi BEP dan meningkatkan kapasitas produksi, dengan demikian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran SO yang diterapkan berhasil dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 04:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42581 |
Actions (login required)
View Item |