ANALISIS ILUSTRASI PADA DESAIN T-SHIRT PRODUKSI INDUSTRI KREATIF DI YOGYAKARTA (PT. ASELI DAGADU DJOKDJA DAN DAGINGTUMBUH SHOP)

Hadi Santoso, Sumar (2016) ANALISIS ILUSTRASI PADA DESAIN T-SHIRT PRODUKSI INDUSTRI KREATIF DI YOGYAKARTA (PT. ASELI DAGADU DJOKDJA DAN DAGINGTUMBUH SHOP). S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
TAS SUMAR HADI SANTOSO.PDF

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan jenis ilustrasi yang diterapkan pada ilustrasi desain t-shirt produk P.T Aseli Dagadu Djokdja dan Dagingtumbuh Shop. (2) Mendeskripsikan perbedaan karakterisrik ilustrasi pada desain t-shirt produk P.T Aseli Dagadu Djokdja dan Dagingtumbuh Shop. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 desain ilustrasi pada t-shirt produksi P.T Aseli Dagadu Djokdja dan 5 desain ilustrasi pada t-shirt produksi Dagingtumbuh Shop. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan bentuk ilustrasi yang diterapkan pada t-shirt dan karakteristik ilustrasi yang dimiliki oleh tiap produsen dengan mendeskripsikan elemen ilustrasi dan tata letak ilustrasi yang diterapkan. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ilustrasi yang diterapkan pada desain t-shirt produksi PT. Aseli Dagadu Djokdja adalah jenis ilustrasi berbentuk kartun dan karikatur bergaya non realistik dengan pemilihan objek berupa deformasi manusia, bangunan, benda, hewan serta alam. Ilustrasi yang diterapkan pada desain t-shirt produksi Dagingtumbuh Shop adalah jenis ilustrasi berbentuk drawing bergaya non realistik dengan pemilihan objek berupa deformasi hewan, manusia, tipografi dan benda-benda di sekitar kehidupan kita. (2) Karakteristik ilustrasi pada desain t-shirt produksi PT. Aseli Dagadu Djokdja berupa parody-parody visual tentang kota Yogyakarta, kehidupan masyarakat Yogyakarta, sejarah di Yogyakarta, wisata Yogyakarta, kuliner Yogyakarta dan segala aspek yang berkaitan dengan Yogyakarta. Karakteristik ilustrasi pada desain t-shirt Dagingtumbuh Shop bersifat imajinatif, unik, kritis dan merupakan respon terhadap benda-benda yang dianggap sepele di sekitar kehidupan kita serta respon terhadap fenomena-fenomena sosial yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42578

Actions (login required)

View Item View Item