PEMBANGUNAN JARINGAN DISTRIBUSI AIR BERSIH UNTUK KORBAN ERUPSI MERAPI DI DUSUN MANGUNSOKO, DESA KALIBENING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG

Bambang, Sugestiyadi and Endaryanta, Endaryanta and Sunaryo, M.Pd. (2011) PEMBANGUNAN JARINGAN DISTRIBUSI AIR BERSIH UNTUK KORBAN ERUPSI MERAPI DI DUSUN MANGUNSOKO, DESA KALIBENING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Endaryanta.docx

Download (15kB)

Abstract

Telah terjadi letusan dahsyat gunung Merapi pada Oktober 2010. Bahaya yang ditimbulkan tidak hanya saat meletusnya saja (material vulkanik panas), tetapi pasca letusan (berupa lahar dingin & material vulkanik lainnya) juga sangat berbahaya karena meruntuhkan apa saja yang diterjangnya. Aliran material vulkanik bisa menghancurkan sarana prasarana : jalan raya, jembatan, rumah, lahan pertanian, saluran air, dan sebagainya. Dusun Mangunsoko, kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang adalah salah satu dusun yang terkena dampak erupsi Merapi ini. Rumah, lahan pertanian dan saluran air di dusun itu rusak diterjang material vulkanik. Aktivitas dan kegiatan ekonomi warga lumpuh atau terganggu. Team PPM UNY bertekad untuk berkiprah dengan memperbaiki / membangun kembali jaringan distribusi air bersih di dusun Mangunsoko itu. Team PPM UNY berusaha membantu warga dengan berkarya : membuat desain system jaringan air bersih, melakukan pengawasan (supervise) proses pembangunan jaringan, dan membantu sebagian material pembangunan ( semen PC, pipa PVC / pralon, dan lain lain). Jaringan saluran distribusi air ini mengandalkan system gravitasi. Hasil yang diperoleh dari kerja keras team PPM UNY bergotong royong dengan warga kini telah terwujud. Ujudnya ialah sebuah desain dan bangunan system jaringan distribusi air bersih, mulai dari bak tangkap air, reservoir primer & sekunder, pipa-pipa distribusi ke rumah warga. Kini jaringan itu sudah berfungsi dengan baik mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga dusun Mangunsoko, desa Kalibening, kecamatan Dukun, kabupaten Magelang. Warga bisa minum, bertani, beternak ikan menggunakan air tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: erupsi Merapi, distribusi, gravitasi
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Oct 2016 10:58
Last Modified: 20 Oct 2016 10:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42569

Actions (login required)

View Item View Item