PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK CITA-CITAKU BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PACAR SEWON BANTUL

Maharani, Idhes Sara Andrieta (2016) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK CITA-CITAKU BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PACAR SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Idhes Sara Andrieta Maharani_12105241016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul dan dihasilkan produk modul tematik “Cita-Citaku” yang layak untuk siswa kelas IV SD, yang dapat digunakan sebagai penunjang sumber belajar mandiri bagi siswa. Prosedur pengembangan ini mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Pengembangan modul tematik ini dilakukan dengan 9 tahapan, Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD Negeri Pacar Sewon Bantul, yang terdiri dari uji coba lapangan awal 3 siswa, uji coba lapangan 8 siswa, uji coba pelaksanaan lapangan 24 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dimulai dengan tahap pertama penelitian dan pengumpulan informasi yang diperoleh melalui wawancara guru dan observasi, tahap kedua perencanaan yaitu analisis pembelajaran dan analisis produk yang akan dihasilkan kemudian merencanakan isi pengembangan modul, study pustaka, mempersiapkan alat dan bahan untuk mendesain yaitu software corel draw x7 dan Microsoft word 2010, tahap ketiga pengembangan bentuk awal produk yaitu menyusun komponen modul, membuat desain modul, kemudian hasil pengembangan bentuk awal produk dilakukan uji coba kelayakaan oleh ahli materi dan ahli media, tahap keempat uji coba lapangan, tahap kelima merevisi hasil uji coba lapangan awal, tahap keenam uji coba lapangan, tahap ketujuh penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, tahap kedelapan uji coba pelaksanaan lapangan, tahap kesembilan penyempurnaan produk akhir. Pada penelitian ini diperoleh produk akhir berupa modul tematik ‘’Cita-Citaku’’ yang layak untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk oleh ahli materi dinyatakan sangat baik (4,38), hasil penilaian produk oleh ahli media dinyatakan baik (3,83). Hasil uji coba lapangan awal dinyatakan layak (0,89), hasil uji coba lapangan dinyatakan layak (0,96) dan hasil uji coba pelaksanaan lapangan dinyatakan layak (0,98).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:40
Last Modified: 30 Jan 2019 11:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42563

Actions (login required)

View Item View Item