PENGEMBANGAN PUZZLE EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ANGKA UNTUK KELOMPOK A DI TK PURBONEGARAN, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA

Srimulyanti, Srimulyanti (2016) PENGEMBANGAN PUZZLE EDUKATIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ANGKA UNTUK KELOMPOK A DI TK PURBONEGARAN, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Srimulyanti_12105244025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Puzzle Edukatif yang layak untuk anak Kelompok A TK Purbonegaran. Media puzzle edukatif digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran pengenalan angka. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk. Produk diujicobakan kepada anak didik melalui dua tahap uji validasi yaitu uji coba produk kepada 3 anak dan uji coba pemakaian kepada 15 anak. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media dan anak didik Kelompok A TK sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Edukatif yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 2,85 termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 3,88 termasuk kategori layak, uji coba produk mendapatkan presentase skor 77,77% termasuk dalam kategori layak dan uji coba pemakaian mendapatkan presentase 92,22% termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Puzzle Edukatif untuk pembelajaran anak didik Kelompok A Taman Kanak-kanak Purbonegaran Gondokusuman Yogyakarta layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:44
Last Modified: 30 Jan 2019 11:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42561

Actions (login required)

View Item View Item