LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN

CATUR YUANITA, CATUR YUANITA (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Sleman telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada2 Juli-17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 18mahasiswa dari8 program studi, yaitu Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Perancis,Pendidikan Akutansi, dan Pendidikan Sosiologi, dan Pendidikan Sejarah.Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan pontensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pengembangan media pembelajaran, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Kegiatan Praktik mengajar sendiri dimulai pada6 Agustus sampai dengan 17 September 2014, dilakukan sebanyak 24 kali pertemuan di kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi beberapa bab, yaitu: Hakikat Ilmu Kimia, Perkembangan Teori atom, sampai pada Konfigurasi Elektron. Hakikat ilmu kimia berisi materi tentang ilmu kimia sendiri dan peranannya di dalam kehidupan, metode ilmiah, materi dan klasifikasinya, serta keselamatan kerja di dalam laboratorium kimia. Sementara itu untuk perkembangan teori atom, berisi materi tentang model atom Dalton, model atom Thomson,model atom Rutherford, model atom Bohr, model atom mekanika kuantum, lambang unsur. Selanjutnya adalah bab Konfigurasi Elektron yang membahas materi mengenai konfigurasi elektron dan hubungannya dengan tabel periodik unsur.Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar disesuaikan dengan kurikulum 2013 yang saat ini sudah dipakai di kelas X di SMA Negeri 2 Sleman. Metode yang digunakan meliputi diskusi kelompok, diskusi kelas, penggunaan tim ahli dan tanya jawab. Praktikan menemui beberapa hambatan ketika melaksanakan PPL, namunpraktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Hal-hal tersebut merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.Secara umum pelaksanaan PPL di SMA Negeri 2 Sleman berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, yaitu pihak Dosen Pembimbing, pihak sekolah, seperti Kepala Sekolah, Koordinator PPL, guru pembimbing, seluruh guru dan karyawan karyawan, serta siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42560

Actions (login required)

View Item View Item