Profesionalitas Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Dinas Pendidikan Kota Padang.

Tasrif, Elfi (2016) Profesionalitas Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Dinas Pendidikan Kota Padang. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-elif-tasrif-10702269008.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh potret sesungguhnya dari kondisi atau permasalahan kepengawasan, khususnya tentang pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas SMK dan mutu supervisi akademik saat ini, (2) mengetahui informasi sejauhmana profesionalitas pengawas SMK kota Padang, (3) mendapatkan aspek-aspek yang mempengaruhi profesionalitas pengawas SMK kota Padang, dan (4) mengoptimalkan fungsi pengawas SMK di kota Padang yang akan datang, berdasarkan elaborasi permasalahan yang diperoleh Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pengawas sekolah SMK kota Padang, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah profesionalitas pengawas dalam melakukan supervisi, khususnya supervisi akademik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis induktif Creswell. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui empat tahapan atau kriteria meliputi uji derajat kepercayaan (credibility), uji keteralihan (transferability), uji kebergantungan (dependebality), dan uji kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) potret pelaksanaan kepengawasan dilakukan tanpa didasari perencanaan yang matang, rekrutmen pengawas sekolah SMK dilakukan tanpa didahului dengan analisis kebutuhan, mekanisme kontrol pelaksanaan pengawasan juga tidak berjalan dengan optimal.Sedangkan mutu supervisi akademik saat ini disimpulkan dari tiga aspek, yaitu aspek pembinaan, aspek pemantauan, dan aspek penilaian/pelatihan profesional guru, ketiga aspek tidak berjalan secara optimal, (2) profesionalitas pengawas sekolah dalam menjalankan tugasnya tidak sesuai dengan Standar Mutu Pengawas sebagaimana yang dipersyaratkan, (3) profesionalitas pengawas sekolah yang rendah, mengakibatkan apresiasi terhadap profesi pengawas juga rendah, (4) peningkatan profesionalitas pengawas sekolah dalam rangka perbaikan mutu supervisi akademik belum maksimal.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengawas sekolah SMK, supervisi, profesionalitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:16
Last Modified: 09 May 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42559

Actions (login required)

View Item View Item