HUBUNGAN BIMBINGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI DUNIA INDUSTRI DAN KELAYAKAN BENGKEL FABRIKASI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL DENGAN TINGKAT KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN

Tri, Susilo (2016) HUBUNGAN BIMBINGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI DUNIA INDUSTRI DAN KELAYAKAN BENGKEL FABRIKASI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL DENGAN TINGKAT KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TRI SUSILO NIM 09503244002.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN BIMBINGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI DUNIA INDUSTRI DAN KELAYAKAN BENGKEL FABRIKASI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL DENGAN TINGKAT KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN Oleh: Tri Susilo NIM. 09503244002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan bimbingan praktek kerja industri di dunia industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan, (2) kelayakan bengkel fabrikasi Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul, (3) hubungan bimbingan praktek kerja industri di dunia industri dan kelayakan bengkel fabrikasi SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto, teknik pengambilan data menggunakan tiga cara, yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang berjumlah 99 responden. Sebelum dilakukan penelitian, instrumen terlebih dahulu divalidasi ahli. Setelah divalidasi ahli dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan butir instrumen yang valid dan reliabel. Teknik analis data yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, uji prasyarat, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan praktek kerja industri di dunia industri (X1) dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan (Y), dibuktikan dengan thitung ≥ ttabel (3,12 > 1,658) kontribusi 9,12% dan sisanya sebesar 90,88% ditentukan oleh variabel lain, 2) kelayakan bengkel fabrikasi Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul (X2) = 66,67% sarana dan prasarana terpenuhi berdasarkan Lampiran Permendiknas dan bengkel dalam kategori layak, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan praktik kerja industri di dunia industri (X1) dan kelayakan bengkel fabrikasi SMK Muhammadiyah 1 Bantul (X2 ) dengan tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan (Y) yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (5,331 > 3,09). Kata kunci: Bimbingan praktik kerja industri, kelayakan bengkel, tingkat kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 20 Oct 2016 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 11:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42557

Actions (login required)

View Item View Item