IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KEUANGAN ANAK PADA KOMPETENSI KEBUTUHAN DAN KEINGINAN DI GEDONGAN PURBAYAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2015

ARCIKA, NASZA (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KEUANGAN ANAK PADA KOMPETENSI KEBUTUHAN DAN KEINGINAN DI GEDONGAN PURBAYAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NASZA ARCIKA_11403241001.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keuangan pada kompetensi kebutuhan dan keuangan untuk anak-anak di wilayah Gedongan, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta tahun 2015 melalui pendidikan pengelolaan keuangan dengan model quantum teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengadaptasi siklus model spiral dari Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah anggota aktif kelompok pengajian anak di wilayah Gedongan, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Obyek dari penelitian ini adalah pengetahuan dan keterampilan keuangan anak pada kompetensi kebutuhan dan keinginan melalui implementasi pendidikan pengelolaan keuangan dengan model quantum teaching di Gedongan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan pegetahuan dan keterampilan keuangan anak pada kompetensi kebutuhan dan keinginan di Gedongan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pendidikan pengelolaan keuangan dengan model quantum teaching dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keuangan anak pada kompetensi kebutuhan dan keinginan di Gedongan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta tahun 2015. Pengetahuan keuangan pada siklus I jumlah peserta didik yang meningkat nilai post-testnya jika dibandingkan dengan pre-test sebanyak 29 peserta didik atau 72,5% dengan rata-rata post-test 7,375, sedangkan pada siklus II sebanyak 32 peserta didik atau 80%, dengan rata-rata post-test 8,2. Keterampilan keuangan menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai 75% dari indikator yang ditetapkan pada siklus I sebanyak 31 peserta didik atau 77,5%, sedangkan pada siklus II sebanyak 36 peserta didik atau 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pengelolaan Keuangan, Quantum Teaching, Pengetahuan Keuangan, Keterampilan Keuangan
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Oct 2016 03:38
Last Modified: 20 Oct 2016 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42550

Actions (login required)

View Item View Item