LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ayny Maharrayni F, Ayny Maharrayni F (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayny Maharrayni F (11402241036).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program yang diciptakan untuk perguruan tinggi khususnya jurusan kependidikan guna memberikan pengalaman mengajar terhadap calon lulusannya. Dengan menerjunkan mahasiswa kedunia pendidikan seara nyata, maka akan membuka fikiran mahasiswa terhadap fenomena serta permasalahan yang dialami oleh dunia pendidikan. Sehingga mahasiswapun akan menjadi kreatif dan tertarik untuk memikirkan jalan keluar untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan. Selain hal tersebut, dengan adanya PPL diharapkan hubungan antara Universitas dengan pihak sekolah yang menjadi semakin dekat dan terjalin komunikasi yang baik. Sehingga apa yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan yang sebenarnya bisa diwujudkan dengan maksimal oleh pihal Universitas. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Program kegiatan PPL ini yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2013 di SMK Negeri 4 Klaten yang terletak di Jalan Mataram No. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Tugasnya adalah, melakukan praktik mengajar sesuai dengan jurusannya dan sesuai dengan pelajaran yang sudah ditentukan oleh guru pembimbingnya masing-masing. Guru pembimbing memberikan kekuasaan mahasiswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran menggantikan kelasnya sekreatif mahasiswa sendiri, tetapi masih dalam pengawasan guru pembimbing. Kegiatan PPL ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Yang pertama adalah kegiatan persiapan, yang terdiri dari kegiatan pembelajaran Micro, observasi kelas dan observasi lingkungan sekolah, konsultasi dengan guru pembimbing, dan persiapan mengajar. Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan terdiri dari praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten ini dapat dilaksanakan dengan baik. Praktik pembelajaran dapat dilaksanakan melebihi batas minimal pengajaran. Tugas mengajar telah selesai dilaksanakan sampai melakukan evaluasi, dan segalanya terlaksana dengan hasil yang memuaskan walaupun terdapat beberapa kendala untuk menghadapinya. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik dapat berguna di masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Oct 2016 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42544

Actions (login required)

View Item View Item