KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER INDONESIAN YOUTH LEADERSHIP HOMESTAY PROGRAM UNTUK PENINGKATAN INTEGRITAS DI GERAKAN MARI BERBAGI

Petrus Tampubolon, Petrus (2016) KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGEMBANGAN KARAKTER INDONESIAN YOUTH LEADERSHIP HOMESTAY PROGRAM UNTUK PENINGKATAN INTEGRITAS DI GERAKAN MARI BERBAGI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Petrus Tampubolon_12102241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan program pengembangan karakter untuk peningkatan integritas di Gerakan Mari Berbagi. Keefektifan program peningkatan integritas dipandang melalui empat dimensi yakni: (1) memahami dan mengenali kode etik, (2) konsistensi tindakan, (3) kesulitan tindakan, dan (4) resiko tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta yang telah mengikuti program pengembangan karakter Indonesian Youth Leadership Homestay Program Gerakan Mari Berbagi berjumlah 29 orang. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah keefektifan dari pelaksanaan program pengembangan karakter untuk peningkatan integritas. Variabel dirinci menjadi empat dimensi yakni: (1) memahami dan mengenali kode etik, (2) konsistensi tindakan, (3) kesulitan tindakan, dan (4) resiko tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang peningkatan integritas peserta program sebelum dan sesudah mengikuti program pengembangan karakter dari Gerakan Mari Berbagi. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan uji beda Wilcoxon. Hasil uji kemudian dianalisis dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data yang sudah dikumpulkan tanpa membuat generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan antara integritas peserta sebelum mengikuti program dan setelah mengikuti program pengembangan karakter Indonesian Youth Leadership Homestay Program Gerakan Mari Berbagi, (2) Terdapat peningkatan integritas dipandang dari seluruh dimensi sebesar 10.17, (3) Peningkatan terbesar terlihat pada dimesi memahami dan mengenali kode etik sebesar 3.07, (4) Peningkatan terkecil terlihat pada dimensi kesulitan tindakan yakni sebesar 1.93. Kata kunci: keefektifan program, integritas, dimensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 Oct 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 11:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42542

Actions (login required)

View Item View Item