RELEVANSI KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN GEDUNG DENGAN AUTOCAD TERHADAP INTENSITAS PEKERJAAAN PADA PRAKTEK KERJA INDUSTRI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 2 PENGASIH

Tri, Restiyanti (2016) RELEVANSI KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN GEDUNG DENGAN AUTOCAD TERHADAP INTENSITAS PEKERJAAAN PADA PRAKTEK KERJA INDUSTRI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tri Restiyanti 09505241029.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

RELEVANSI KOMPETENSI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN GEDUNG DENGAN AUTOCAD TERHADAP INTENSITAS PEKERJAAAN PADA PRAKTEK KERJA INDUSTRI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK N 2 PENGASIH Oleh : Tri Restiyanti NIM. 09505241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) persepsi penguasaan kompetensi mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung dengan AutoCAD program keahlian TGB SMK N 2 Pengasih, (2) intensitas pekerjaan yang diberikan oleh industri pada pelaksanaan Prakerin program keahlian TGB SMK N 2 Pengasih, (3) Kompetensi yang belum diajarkan di sekolah namun dibutuhkan oleh dunia industri dan (4) relevansi kompetensi mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung dengan AutoCAD pada pelaksanaan Prakerin program keahlian TGB SMK N 2 Pengasih. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 2 Pengasih Program Keahlian TGB. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian adalah semua anggota populasi sebanyak 61 siswa, Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket terbuka dan tertutup. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) persepsi penguasaan kompetensi mata pelajaran menggambar bangunan gedung dengan autoCAD pada program keahlian TGB SMK N 2 Pengasih termasuk dalam kategori kompeten dengan hasil rerata sebesar 66,67, (2) intensitas pekerjaan yang diberikan oleh industri pada pelaksanaan prakerin program keahlian TGB SMK N 2 Pengasih termasuk dalam kategori sering dengan hasil rerata sebesar 65,90, (3) kompetensi yang belum dipelajari di sekolah tetapi diperlukan oleh industri yaitu menggambar kontruksi baja ringan, menggambar 3D, menggambar struktur jalan dan jembatan, menggambar detail struktur, menghitung RAB pekerjaan jalan, RAB pekerjaan struktur, pembuatan dokumen lelang, laporan harian dan administrasi proyek. Ketrampilan mengoperasikan software pendukung pekerjaan. Seperti sketch up, 3D MAX, autoCAD 3D, sweet home 3D, dan archiCAD, (4) kompetensi mata pelajaran menggambar bangunan gedung dengan autoCAD memiliki relevansi yang positif dan tidak signifikan terhadap pelaksanaan Prakerin program keahlian TGB SMK N 2 Pengasih. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi tunggal diperoleh rhitung 0,788 < rtabel 0,805 Kata kunci : Kompetensi Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung dengan AutoCAD, Prakerin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 20 Oct 2016 01:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42540

Actions (login required)

View Item View Item